6 Musisi Blues Sepanjang Masa

Musik Blues merupakan music yang penuh dengan nada-nada yang membuat badan ingin bergoyang dan meluapkan semua emosi dalam badan.

Walaupun nada-nadanya ada yang susah untuk di dengarkan, tapi beberapa lagu blues bisa di jadikan referensi jika kalian merasa ingin music yang penuh dengan beat dan juga riff gitar yang ciamik.

Berikut saya sajikan musisi blues luar negeri yang mempunyai karya yang sangat fenomenal, entah dari aksi panggung, music, riff gitar, atau suara yang terdengar sangat unik.

6 musisi blues berikut adalah musisi yang saya gemari, dan memiliki identitas khas dan belum ada yang bisa menandingi atau menyamainya.


Sejarah Blues

Musik blues sendiri berasal dari negara Afrika, dimana pada waktu itu perbudakan masih sangat kental, dan para budak ini memainkan musik blues dengan menggunakan gitar, drum, nyanyian dalam bekerja sebagai budak, dan juga tarian.

Dan mulai terkenal pada abad ke 19 di sebuah negara Amerika, dimana para Afro-American atau yang lebih di kenal sebagai negro, memperkenalkan music blues kepada khalayak umum.

New Orleans merupakan tempat dimana Jazz lahir, sedangkan Blues juga merupakan bagian dari musik Jazz, bisa di katakana juga bahwa Blues dan Jazz lahir atau mulai berkembang di daerah New Orleans.

Musik yang penggunaan nadanya adalah nada pentatonic, membuat setiap pendengarnya merasakan sebuah emosi yang ingin diluapkan, tetapi tidak untuk merusak, tetapi untuk menari ataupun berdansa dengan alunan nada dari blues.

Untuk lebih mengenal para musisi Blues luar negeri, berikut listnya.


6 musisi blues sepanjang masa

1. Janis Joplin

Janis Lyn Joplin atau yang lebih dikenal sebagai Eyang Janis Joplin, lahir di sebuah negara bagian Amerika, dimana tepatnya adalah di Texas.

Eyang Janis Joplin lahir pada tanggal 19 Januari 1943, dari pasangan Dorothy Bonita dan Seth Ward Joplin.

Eyang Janis sendiri, sebelum memulai karirnya sebagai seorang penyanyi solo blues, pernah memiliki sebuah band yang bernama Big Brother and The Holding Company.

Dengan suara yang terdengar unik, dan menurut saya inilah suara khas Eyang Janis yang membuat Eyang Janis terkenal, walaupun dandanannya pun juga sangat unik, tapi tidak membuat Eyang Janis kehilangan ciri khas dari seorang penyanyi.

Yaitu suaranya dalam bernyanyi.

6 musisi blues sepanjang masa
Janis Joplin

Dibalik kesuksesannya sebagai penyanyi, Eyang Janis juga memiliki beberapa sifat buruk, dan sifat buruknya ini mengkonsumsi narkoba.

Hingga akhirnya pada bulan Oktober 1970, Eyang Janis dinyatakan meninggal di karenakan overdosis pada sebuah kamar hotel.

Dan berikut adalah daftar lagu Eyang Janis yang masuk ke dalam jajaran tangga lagu billboard.

  • Down on me ( album Big Brother and The Holding Company )
  • Piece of my heart ( album Cheap Thrills )
  • Kozmic Blues ( I Got Dem Ol’ Kozmic Blues Again Mama! )

2. B.B King

Eyang B.B King, atau yang memiliki nama lengkap Riley B. King, lahir di sebuah negara bagian Missisippi, Amerika Serikat.

Anak dari pasangan Albert dan Nora Ella King, lahir pada tanggal 16 September 1925.

Eyang BB King ini, memiliki sebuah gitar andalan, dimana setiap perform, Eyang tidak pernah mengganti gitarnya, sampai di kasih nama segala ini gitar, nama gitar tersebut adalah “ Lucille ”.

Nama dari gitar Eyang BB Kings juga sangat ironis, karena nama Lucille sendiri, adalah sebuah wanita korban kebakaran, dimana pada waktu itu Eyang BB King sedang melakukan pertunjukkan.

Untuk mengenang kejadian itu, Eyang BB King menamai gitarnya dengan nama Lucille, dan hingga ada lagu blues milik Eyang BB King yang berjudul Lucille.

So sweet banget yah si Eyang ini.

6 musisi blues sepanjang masa
B.B Kings

Sudah banyak penghargaan yang Eyang BB King capai, dan dengan segudang prestasi tersebut tidak membuat Eyang BB King menjadi sombong.

Bahkan Eyang BB King membangun sebuah Club yang bernama BB Kings Blues Club, yang di gunakan Eyang untuk para pecinta Blues dan para fans dari Eyang BB Kings.

Eyang BB King tutup usia pada tanggal 14 Mei 2015, dimana Eyang tutup usia dikarenakan sakit stroke ringan dan juga diabetes.

Dan berikut beberapa daftar lagu Eyang BB Kings yang memiliki banyak penghargaan.

  • The Thrill Is Gone.
  • Lucille
  • Live at The Apollo ( Album )
  • One Kind Favor ( Album )

3. Elvis Presley

Kalo boleh jujur, saya penyuka dari music Elvis, karena selain blues, Opa Elvis juga memiliki beberapa lagu Rock n Roll, yang menurut saya sangat enak untuk dinikmati.

Mari berkenalan terlebih dahulu dengan Opa Elvis.

Opa Elvis lahir dari pasangan Gladys Love Presley dan Vernon Elvis Presley, pada tanggal 8 Januari 1935.

Selain memiliki jambul yang unik, Opa Elvis juga memiliki gaya goyangan yang khas, dan enak jika di padukan dengan music dari Opa Elvis.

6 musisi blues sepanjang masa
Elvis Preasley

Selain jago main music dan goyangannya yang fenomenal, Opa Elvis juga pernah menjadi tentara Amerika, di karenakan pada waktu itu negara membutuhkan semua warganya tanpa terkecuali Opa Elvis untuk membela negaranya yang sedang di landa perang.

Banyak asam garam yang sudah di lalui oleh Opa Elvis, hingga ajal yang menjemput Opa Elvis pun masih menjadi kontroversial.

Kematian Opa Elvis di perkirakan pada tahun 1977, dimana Opa Elvis di temukan sang kekasih di kamar mandi sebuah hotel, dengan keadaan membeku di dekat closet duduk.

Menurut dokter yang mengautopsi jasad Opa Elvis, Opa tidak meninggal di karenakan overdosis tetapi karena kehilangan fungsi pemompa darah dari jantung, sehingga menyebabkan susah nafas dan akhirnya meninggal.

Apapun penyebab kematian Opa Elvis, yang pasti Opa Elvis telah meninggalkan banyak karya dan juga sejarah mengenai musik blues dan juga Rock n Roll.

Dan berikut karya Opa Elvis yang telah masuk ke jajaran Top Songs di berbagai Dunia.

  • I want you, I need you, I love you.
  • I need your love tonight.
  • Surrender.
  • She’s not you.
What's your reaction?
Show CommentsClose Comments

Leave a comment