Hai semua, kali ini gelangtali mencoba untuk membahas alat music dari provinsi Nanggroe Aceh Darusalam atau provinsi yang lebih dikenal sebagai kota serambi mekah.

Saya sedikit agak miris, ketika mencoba searching alat music arbab ini, karena banyak artikel yang menuliskan bahwa, alat music ini mendekati punah atau sudah tidak ditemukan kembali alat music ini.

Problem dari negara kita ini, kesenian tradisional kita jika tidak punah, ya,  akan di klaim oleh negara tetangga.

Sehingga saya mencoba untuk membuat artikel ini, supaya alat music arbab ini masih tetap bisa di kenang, serta tidak punah begitu saja.

Latar belakang….

Ide awal pembuatan artikel ini mengenai alat music tradisional yang tersebar di semua daerah di Indonesia.

Tetapi setelah saya membaca mengenai artikel alat music arbab, sungguh miris, dan bisa di bilang hampir tidak ada penerus dari generasi bangsa untuk memainkan alat music ini.

Hanya terdapat foto alat music tersebut, tetapi dari berbagai artikel, bahwa alat music ini sudah di pastikan akan punah.

Bahkan seorang mahasiswa di daerah Sumatra Utara, membuat penilitian mengenai alat music arbab, dan di situ di tulis bahwa alat kesenian ini diperkirakan sudah punah – artikel.

Mengenal alat music Arbab….

Mungkinkah alat music ini dapat bertahan 1000 tahun lagi???

Itu pertanyaan saya mengenai alat music ini, karena sudah banyak tertulis alat music ini mulai punah.

Sedangkan alat music ini banyak di jumpai pada zaman penjajahan colonial belanda serta jepang.

Jika di liat dari bentuk dan modelnya, alat music ini terlihat atau mirip dengan rebab yang notabene adalah alat music tradisional dari jawa.

Akankah alat musik arbab dapat bertahan 1000 tahun lagi?

Jika rebab, masih ada dan banyak di jumpai, sedangkan arbab, apakah anak cucu kita akan mengenal alat music dari daerah Aceh ini??

Alat music arbab ini, pada zaman dahulu di gunakan untuk acara pasar malam, hiburan malam dll.

Bisa dikatakan, bahwa alat music ini memiliki fungsi sebagai pengiring pada acara yang ramai di kunjungi warga atau masyarakat.

Terlihat dari fungsinya yang di gunakan untuk acara pasar malam dll.

Atau jika kita lihat rebab, juga memiliki fungsi yang sama, dimana alat music gesesk ini digunakan sebagai harmonisasi pada acara kesenian daerah.

Bagaimana dengan komposisi alat music ini??

What's your reaction?
Show CommentsClose Comments

Leave a comment