Cara merubah hidupmu dalam 30 hari

Dalam keseharian apapun, rutinitas adalah hal yang menjemukan dan membosankan, tidak hanya di alami oleh para pekerja, anak sekolah, bahkan seorang pengangguran pun merasakan hal yang sama.

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang di tuntut untuk tumbuh dan berkembang, sedangkan hal ini sangat tidak menyenangkan, tetapi itu sebuah keharusan jika kita ingin menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Zona nyaman adalah tempat dimana hidupmu stuck di situ-situ saja, apakah ini bisa di rubah??

Tentu saja.

Dalam artikel gaya hidup berikut, saya mencoba untuk membagikan cara merubah hidup yang bisa di lakukan dalam waktu 30 hari atau 1 bulan.

Cara atau tips berikut adalah di lihat dari sudut pandang praktisi ekonomi dan juga psikolog.

Apa saja cara-caranya atau tipsnya??

Berikut tips yang saya rangkum semudah mungkin untuk di pahami serta mudah di lakukan.


1. Identifikasikan apa masalah dari tantanganmu ( dilakukan dalam 5 hari )

Cara merubah hidup dalam 30 hari
Photo by dollar gill on unsplash

Dalam hidup, kita selalu dipenuhi dengan berbagai tantangan, entah berasal dari tempat kerja, sekolah atau bisa dibilang di luar rumah, serta tantangan dalam rumah.

Dari tantangan inilah, kita dituntut untuk selalu flexible serta cepat beradaptasi, jika tidak maka kita akan jauh tertinggal dari saingan atau competitor kita.

Dan masalahnya juga, semakin kita mencoba untuk bersaing, semakin jauh juga kita memahami apa yang sebenarnya diri kita inginkan.

Selain itu juga, tantangan yang membuat kita gagal memahami diri sendiri adalah, tujuan itu sendiri.

Mungkin kita tidak memiliki tujuan yang pasti, sehingga kita menjadi lemah, mudah diprovokasi, sehingga kita semakin kehilangan tujuan dalam hidup.

Atau kita memiliki tujuan, tetapi tidak pernah terealisasi tujuan kita tersebut, dan hanya menjadi sebuah catatan kecil yang hilang di telan waktu.

Untuk menjernihkan hal tersebut, identifikasin tantanganmu dalam waktu 5 hari.

Dengan menggunakan waktu 5 hari, paksa diri sendiri untuk menentukan, tantangan apa yang akan di terima dan apa yang harus ditinggalkan.

Manusia tidak bisa di paksa melakukan semuanya, kecuali kalian sudah terbiasa.

Tantangan yang dimaksud adalah, sebuah keadaan dimana kalian merasa bahwa saya bisa melakukan ini dan saya suka melakukan hal tersebut

Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang saya sukai, apa yang bisa saya kerjakan, apa yang bisa saya bantu, dsb.

Jika kalian sudah mengidintifikasikan tantangan tersebut, catat, dan coba di lakukan di kehidupan nyata.


2. Memulai rencana perubahan pada diri sendiri ( dilakukan dalam 20 hari )

Cara merubah hidup dalam 30 hari
Photo by jeshoots-com on unsplash

Jika kalian sudah melakukan pada point no 1, maka ini adalah saatnya kalian menyiapkan rencana, serta memulai rencana tersebut secepat mungkin.

Rencana ini dimaksudkan agar, kalian tetap pada jalan yang telah kalian pilih, sehingga kalian tidak akan salah masuk kedalam jalan yang membingungkan.

Pada bagian ini, akan di bagi lagi menjadi beberapa tahap, tetapi tahap ini hanyalah sebagai referensi saja.

Jadi kalian bebas, bisa mengikuti atau kalian bisa lanjut kepada point selanjutnya.

Dan berikut adalah bagian dari cara untuk membuat rencana perubahan pada diri sendiri :

            – Kebahagiaan

Kalian pasti mengerti, bahwa bahagia itu diciptakan oleh diri kita sendiri?? Betul tidak??

Karena jika kalian masih merasa bahwa kalian tidak bisa bahagia karena harus ada orang lain, maka kalian tidak akan bisa merasa bebas, serta kalian akan merasa tergantung dengan orang tersebut.

Rencana perubahan pada diri sendiri
Photo by mi pham on unsplash

Untuk saat ini, tentukanlah kebahagiaan kalian sendiri!!

Kalian suka traveling, just go

Kalian suka foto-foto, just go

Kalian suka makan, just gooooo

Apapun itu, asal membuat kalian bahagia, lakukan, dan nikmati kebahagiaan tersebut.

Jika perlu, share kebahagianmu kedalam medsos, ataupun di buat video dan share di youtube.

Dengan kamu bahagia, maka tujuanmu akan pasti, dan kamulah yang memegang kendali atas hidupmu sendiri.

            – Filosofi Hidup

Dalam hidup, setidaknya kita memiliki filosofi hidup supaya hidup kita terarah dan juga menjadi sebuah keyakinan yang membuat kita memahami diri kita sendiri.

Filosofi bisa kalian cari melalui quote atau membaca buku, dimana banyak tulisan yang bisa kamu simpan sebagai filosofi hidupmu.

Rencana perubahan pada diri sendiri
Photo by joshua earle on unsplash

Meskipun demikian, jangan sampai kalian salah dalam memaknai filosofi yang kalian tahu, karena banyak juga filosofi yang mungkin buat orang lain sesuai, buat dirimu belum tentu sesuai.

Cara untuk mengetahui filosofi hidupmu sesuai atau tidak, adalah dengan keseharian yang kalian lakukan.

Jika dirasa filosofi itu memberatkan dan malah membuat dirimu menjadi semakin kehilangan jati diri, maka sebaiknya ganti filosofi tersebut, atau gunakan filosofimu sendiri, biar kamu juga yakin dengan apa yang kamu lakukan.

Filosofi buat saya sendiri adalah “ remember why you started ”, ini membuat saya menjadi bersemangat kembali jika saya sedang mengalami down atau lupa akan tujuan hidup saya.

Dengan memiliki filosofi hidup, kamu akan semakin mudah dalam membuat rencana perubahan pada dirimu sendiri.

            – Meninjau Tujuan Hidup

Kalian saat ini pasti memiliki tujuan hidup, tidak mungkin jika saat ini kalian tidak memiliki tujuan hidup.

Karena dengan tujuan hidup inilah, kalian menentukan kemana hidupmu akan di bawa, jika saat ini kalian belum memiliki tujuan hidup, saat ini buatlah!!

Rencana perubahan pada diri sendiri
Photo by jamie street on unsplash

Tujuan hidup saat ini, perlu kita lihat kembali dan jika perlu di perbaiki, karena dengan perubahan zaman, maka mau tidak mau kita juga mesti mengikuti zaman tersebut.

Apakah tujuan hidupmu sudah menuju arah yang benar?? Atau malah yang terburuk, sama sekali tidak mendekati dari tujuan hidupmu sesungguhnya??

Walaupun tujuan hidup kalian sudah kalian tentukan, pasti ada beberapa hal yang menurut kalian bahwa tujuan hidup ini, bukanlah tujuan hidup yang saya inginkan, atau ini adalah tujuan hidup yang di inginkan oleh orang lain.

Untuk mengubah tujuan hidup, atau jika ingin membuat tujuan hidup, sebagai langkah mudah adalah dengan mengikuti apa yang menjadi kesenangan kalian.

Karena jika kalian senang melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin itulah tujuan hidup kalian saat ini.

Banyak cerita atau kasus, dimana jika kita tidak dapat menentukan tujuan hidup kita, maka hidup yang akan menentukan tujuan untuk kita.

Dan ini sangat mengerikan, karena kita melakukan tersebut karena dipaksa, dan itu tidak baik untuk kehidupanmu dan juga kamu akan kehilangan jati dirimu.

            – Mental

Di bagian ini, kalian tidak perlu mental layaknya tentara atau para superhero yang tanpa takut melakukan segalanya.

Mental disini, lebih di ibaratkan, bagaimana kamu menyikapi dirimu sendiri.

Melatih mental juga di perlukan, supaya kamu semakin yakin dengan dirimu sendiri, serta kamu tidak takut salah meskipun banyak orang yang menggap itu beda.

Tidak takut salah disini, bukan berarti kamu bisa bersikap arogan seenaknya sendiri dsb.

Tetapi karena kamu mengetahui, inilah kebenaran untuk diri saya sendiri, dan hanya saya yang tau apa yang terbaik buat saya.

Rencana perubahan pada diri sendiri
Photo by steve johnson on unsplash

Apapun kesibukan kalian saat ini, kesiapan mental di perlukan untuk menghadapi hal yang tidak pernah kita duga.

Dalam keseharian selalu saja ada hal yang membuat kita down, ataupun membuat kita senang.

Dengan mental yang telah teruji, kalian bisa dengan bijak menentukan keputusan disaat jatuh ataupun ketika kalian senang.

Mental di perlukan dalam rencana membangun perubahan pada diri sendiri, dengan berubahnya mental, maka kamu akan merasakan perbedaan pada dirimu.

Tetapi hal yang perlu di ingat juga, mental tidak bisa dilatih dalam sekejap, kalian harus mengalami ujian dan cobaan yang datang tanpa di duga.

Terima itu dengan lapang dada, dan biarkan itu menjadikan kekuatan mental yang bisa membuat kalian menjadi lebih baik lagi.

3. Mencari teman yang bisa diandalkan ( dilakukan dalam 5 hari )

Mencari partner untuk perubahan diri sendiri
Photo by daniel cheung on unsplash

Ini mungkin bagian yang agak sedikit susah-susah mudah untuk dilakukan, karena pasti kalian sudah memiliki banyak teman, koneksi dan juga mungkin pelanggan setia jika kalian berwirausaha.

Tapi hal yang ingin saya sampaikan adalah, teman seperti apa sih yang kita butuhkan, untuk dapat menjadi bagian dari perubahan dalam hidup kalian??

Dan, teman tersebut adalah, teman yang selalu mengingatkan kalian, ketika kalian sudah berjalan jauh dari tujuan yang sudah kalian tetapkan.

Teman yang mengingatkan kita, bahwa menyerah adalah bukan pilihan, dan itu tidak bisa di terima oleh teman kalian.

Jujur, teman seperti ini adalah hal yang susah untuk didapatkan.

Ketika kalian dalam keadaan di atas, sedang memiliki segalanya, teman kalian tidak terhingga.

Tetapi ketika kalian jatuh, kalian sedang membutuhkan bantuan, kalian merasa bahwa kalian hidup sendiri, padahal kalian memiliki banyak teman.

Mulai saat ini, kalian buat daftar, teman-teman mana saja yang bisa membuat kalian tetap berdiri tegak, dan memberi support ketika kalian sedang dilanda masalah.

Ada anggapan atau istilah yang menyatakan bahwa “ Jangan pilih-pilih jika ingin berteman ”, mungkin dulu bisa di ikuti kata-kata motivasi tersebut, untuk sekarang??

Teman yang menusuk dari belakang, teman yang ada ketika ada butuhnya saja, teman yang menjelek-jelakan di belakang kita, dan kasus seperti ini banyak, banyak sekali.

Jika kalian ingin merubah cara hidup menjadi lebih baik, pilih teman kalian, bahkan bukan hanya teman, orang terdekat yang menurut kalian hanya membuat kalian semakin jauh dari apa yang kalian harapkan, bisa kalian tinggalkan juga.

Siapapun orang yang membuat kalian menjadi orang yang lebih baik, menerima semua kekurangan kalian, dan mampu memberi semangat di saat kalian jatuh, dekati mereka, hargai mereka, karena orang seperti itu sudah sangat susah di temukan.


Kesimpulan….

Cara yang saya tuliskan dalam blog ini, tidak akan berguna jika kalian tidak mempraktekannya.

Karena dengan di praktekan, kalian bisa menemukan perbedaan dalam 30 hari, bahkan mungkin sebelum 30 hari.

Tidak ada cara instant, dan juga tidak ada perubahan yang enak, karena setiap perubahan pasti harus ada yang kalian korbankan.

Dalam arti korbankan ini adalah, bisa lingkup lingkaran pergaulan, bersikap dan bertindak, bahkan mungkin pola pikir kalian yang berbeda.

Terima perubahan tersebut dengan penuh semangat, karena perubahan menuju arah baik pasti banyak halangan dan rintangan.

Di balik itu, kalian akan menemukan pribadi yang berbeda, serta semakin memperjelas apa yang kalian butuhkan dalam hidup ini.

Oh ya, jika kalian menyukai artikel ini, bisa kalian share sebanyak-banyaknya, atau kalian bisa subscribe alamat email kalian, jika kita post artikel terbaru, kalian akan langsung kami beri info, asik kan??

Terima kasih sudah berkunjung ke blog gelangtali, dan sampai jumpa di artikel berikutnya…

…. See ya’

What's your reaction?
Show CommentsClose Comments

Leave a comment